Pengalaman Pramuka


Mau ngeshare cerita kisah kasih selama bergelut di dunia kepramukaan waktu SMP ya :p

Awalnya ikut pramuka itu karena ga sengaja loh, karena dikiranya wajib, jadi ikut -_- eh taunya banyak yang ga ikut tuh -_- tapi ga pa pa banyak pengalaman dan pembelajaran yang bisa didapet ko :D

Kalo pramuka di SMP itu kan penggalang, nah di SMP aku ada tiga tingkatan regu tuh dari kelas 1 ampe 3, buat cewenya nama2 bunga, kelas 1 regu chr*sa*, kelas 2 regu ga*d*n**, dan paling tua adalah regu *aff**si*..

Kegiatan yang dilakukan banyak, tapi karena waktu SMP fokusnya di PBB bertongkat jadi ya sering banget ikut lomba-lomba, alhamdulillahnya setiap perlombaan, pulangnya bawa piala :D

Tapi buat dapetin piala itu wuiiihhh usahanya boo harus keras, latihan, panas-panasan.. Yang harusnya normalnya anak SMP pulang jam 1 siangan, kalo udah beberapa minggu mendekati perlombaan, pulangnya ampe jam 5 an, dan selama 4 jam itu latihan terus di lapangan, kebayangkan panasnya membakar -____-” huft jadi wajar aja kalo anak pramuka kulitnya sawo kematangan -_-”

Nah, waktu jadi anggota chr*sa*, di regu ini dibagi jadi 2 sub regu, yaitu regu chr*sa* merah dan biru, aku ditempatin di banjar 4 chr*sa* biru. Oiya, sebelum ke banjar banjaran, total anggota pramuka angkatan aku teh cuma 12 orang cewe loh yang bertahan :O
Ok, balik lagi regu, nah di regu chr*sa* kan dibagi dua, jadi masing2 beranggotakan 6 orang, dan tugas2 pas jadi chr*sa* cukup simple ko, cuma latihan baris berbaris standar, belajar pertolongan pertama, dll lah pokoknya yang masih simple2, biasa anak baru, masih disuruh belajar, dan masih nyaman *kakak2nya masih baik2 :p*
Nah, pas naek ke regu ga*d*n**, ini nih tingkat yang udah mulai tempur ke perlombaan, means yah orang2nya rata-rata udah berubah warna semua, dengan peraturan yang sangat ketat, tegas, kakak2nya udah galak2 lagi sangar2 -____-”
Pas disini udah deh, ga bisa namanya manja2an, bolos latihanlah, alibi mau ngapain ga bakal bisa, mau maen aja susah, keras bangetlah -_-” lagian kalo sekali aja ga ikut latihan feelnya bakal beda, dan kayak udah ketinggalan jauh aja. Oya, di regu ga*d*n** ini semua dijadi satu ga dibagi kaya tingkat sebelumnya. Tapi inilah yang bikin kita selalu solid, tawa tangis, kesal, marah, panas-panasan, lutut lecet, kulit ga putih *emang dari awal ga putih sih :p* haha
Mental bener2 kebentuklah disini dan syuuuper sibuk, disamping latihan rutin, ngurus adik2 angkatan, persiapan lomba buat regu kitanya sendiri, segala macam agenda perjusami atau persami bahkan prestasi yang bisa aku akuin dan aku bangga adalah regu kita jadi perwakilan perjusami nasional *kalo ga salah namanya* di bekasi. Mungkin buat temen2 yang belum merasakannya, paling bilang biasa2 aja tuh, tapiiii, believe it or not, disini *eh tapi nanti ah ceritanya dibawah aja biar seru :p*
Pas jadi regu ga*d*n**, suara udah pada serak2 becek -_- soalnya teriak2 terus pas latihan pake suara perutlah, ga boleh cemprenglah *padahal dasarnya suara aku kan cempreng jadi kebayanglah usahanya biar teriak tapi suaranya ga cempreng, susaaaah, tapi akhirnya bisaa walaupun masih rada cempreng juga sih, abis mau digimanain lagi :l
Prestasi yang pernah diraih aku dan temen2 satu regu banyak mulai dari juara harapan 1 sampe juara 1 (Alhamdulillah) tapi untuk spesifikasi kapan dapet apa2nya aku lupa eui, skip ajalah ya.. :p
Nah, setiap sebelum lomba pasti kita berdoa dan jargon biar kompak :”)
Pas masuk arena perlombaan, tampang sangar mulai ditunjukin, karena haram tuh anak pramuka lagi lomba PBB bertongkat senyam senyum cari perhatian *di reguku*, daaan hasilnya sungguh sangat memuaskan *menurutku loh ya* walau suara langsung abis, lutut luka, semua terbayar saat pengumuman kalo regu aku juara apalagi juara 1.. :D

Keakraban, kekeluarga berasa bangetlah disini yang namanya SATU UNTUK SEMUA dan SEMUA UNTUK SATU itu bener adanya, minum bareng, makan seadanya bareng..
Oiya, sedikit cerita waktu tracking, aku lupa dalam agenda apa sampe kita tuh disuruh makan nasi sama daun *ga tau daun apa* diatas daun pisang, 1 daun buat 5 oranganlah, di semak2 yang banyak banget nyamuknya, dengan beralaskan tanah tentunya dan tanpa alat makan tentunya. Aduh itu rasanya gatel, enek, tapi laper, soalnya tenaga kita bener2 dikuras, untung2an aja dikasih makan, jadi yang mau gimana rasanya tetep dah dimakan :9 makan dengan waktu yang sedikit itu pasti, abis makan langsung deh kita jalan lagi, tracking ditengah teriknya sinar matahari -__- kalo kayak gini masih mending, pasangan kita regu cowo malah disuruh makan ulet :& tapi katanya manis donk :& *tetep ogah ah aku mah*
Itu baru secuil ceria pas tracking dan baru da salah satu agenda belum lagi agenda lainnya, camp out (satu2nya acara yang kita adain, ini juga dibantu sama alumnus, kalo ngga ga bakal sempet kita mikirin ginian), cerita pelantikan yang segudang, cerita makan makan yang romantis, dan acara2 perkemahan yang bejubel, ga sanggup kalo disuruh ditulis, pokoknya pengalaman yang ga akan pernah terlupakan..
Tadi itu baru jadi ga*d*n**, nah ditingkat akhir adalah jadi regu *aff**si*, inilah puncaknya, kalo dibidang PBB bertongkat wah yang namanya *aff**si* udah sangat sangat terkenal dan ditakutin *jaman aku loh ya*
Gimana engga, cewe2 cantik *ehem* 10 orang baris tapi tampangnya sangar semua -____-” cowo2 lewat dah, ga ada yang berani soalnya :)), kalo *aff**si* lagi perform ga ada yang bisa gangguin..
Disini tetep aja masih ikut2an lomba PBB bertongkat, dan juaranya juga lebih tinggi 3 besarlah :D
Udahlah pokoknya pramuka di SMP aku lagi berjaya2nya banget, kita jadi salah satu saingan terberat, seriusan ga ada berani yang ngelirik, kalo kita lewat pasti dikasih jalan >:)
Ada satu kisah perlombaan yang masih aku inget, alhamdulillah kami dapet juara 1. Sewaktu kita pulang itu piala dibawa2lah jalan, kita ngerain kemenangan kita dengan cara yang aneh, pulang ke SMP jalan kaki sambil bawa piala yang gede, maklum kan piala bergilir :D
Tapi kalo pasangan kami belumberuntung dapet juara, pasti kami juga kena marah (ga cuma cowonya aja). Yah tapi, namanya juga senasib sepenanggungan, piala *aff**si* juga piala untuk pasangan kita r*j*wa**, so, kalo ada yang bersedih karena ga dapet juara, otomatis kita juga sedih *yaiyalah orang dimarahin, dan dijemur -_-”Untuk kesekian kalinya itulah yang mempererat tali kekeluargaan kita, so yang namanya cinlok, banyak lah bertebaran, setiap saat bareng, kesenangan dan penderitaan bareng, gimana ga cinlok -_-” #oke lupakan itu cuma selingan bumbu2 percintaan di pramuka

Udah ah ya, kalo cerita di regu dan lomba PBB bertongkatnya, ntar kalo mood aku ceritain lagi :D
Nah sekarang aku mau cerita waktu masa2 pelantikan..
Kesan kalo pelantikan nyiksa, enek, kesel, takut, wah udahlah kalo bisa kita marah, marah dah tuh nolak semuanya, tapi kalo nolak pasti dapet hukuman lebih berat :$
Satu yang aku paling inget, kita pelantikan emang sih di sekolah, bayangin di tengah malem kita lari2 keliling lapangan basket donk, karena kita angkatan 20 jadi lari dah tuh 20 kali, daaan parahnya larinya pake kresek terus ga boleh bunya, logis ngga coba -_-” tapi yah itulah namanya kakak2 angkatan *nyiksa aja bisanya* #eh piss ah ka, kalo ga gitu, kita ga bakal belajar :)
Terus dikasih makan yang super enek, ntah ramuan apa itu menjijikan bentuk dan teksturnya kaya jackpot yang keluar dari mulut kita sebut saja muntah, diliat aja enek, dipaksa suruh makan coba, amit2 kan. Tapi ya sudahlah dipaksa makan sedikit2 rasanya ga enak, aneh, seriusan mending makan nasi ama garem dah daripada makan gituan walau katanya bergizi, rasa yang aku tangkep sih ada mie, roti susu sama ga tau apa lagi lupa diubek2 jadi satu plus berasa ada pasir2 dikit, bekas sendoknya abis jatoh, ga ada waktu buat nyuci, jadi hantem aja, tapi ini bukan muntah loh cuma teksturnya aja sama -_-
Yah itulah makanan yang paling aneh yang pernah aku makan :&
Renungan pasti ada di setiap pelantikan, jadi abis kita keringetan nih lari2, sit up, push up, dan olah raga lainnya, makan, terus renungan, bayangin ini di tengah malem coba, sunyi senyap. Kalo pas renungan mah, ini saatnya aku show, paling diincer nih aku kalo sesi ini, paling cepet nangis, dan paling keras dan lama kalo nangis -___-” *kebayang dah tuh mata bengep kaya apa*
Oke itulah sekilas cerita dari salah satu pelatikan yang *amit2* :&

Abis enek2an sekarang saatnya romatis2an di pramuka, ini juga kejadiannya malem, cuma aku lupa ini teh dijadi satu sama pelantikan apa beda agenda, maaf ya maklum umur #eh :p
Kita dikasi waktu buat ganti baju gaun malam buat yang cewe dan jas buat yang cowo.. Uuuhhh, kita yang biasanya dekil2, baju coklat mulu, sekarang pake gaun malam dan jas kebanyang kan cantiknya :*
Ternyata bener, yang cewe cantik2 beda ama biasanya, yang cowo juga ganteng2 :*
Tapi walau disuruh dandan tetep aja dibentak dan dibatas waktu sama kaka angkatan..
Kita disini dipasang2in deh cewe sama cowonya, terus suruh masuk ke kelas, eh taunya itu kelas udah di set kayak rumah makan aja, mejanya udah rapi, baguslah ya, kagumlah, dan kita udah ngebayangin makan yang enak2, minimal ayamlah *sedih tau ga pernah dikasih ayam kalo agenda ginian* eh taunya makannya nasi bungkus, isinya telor bulet, sama ga tau apa lagi aku lupa =))
padahal kita udah pake gaun dan jas, duduk pasang2an, suasanyanya romantis, eh makannya gituan =))
Lepas dari tertawaan tadi, disini kita diajarin manner, gimana cara mana yang benar dan baik di meja makan *sedihlah ya kita biasa makan di tanah, lantai, karpet, rumput, pake tangan, dicekedong *tau ga artinya? hehe* eh sekarang disuruh makan pake sendok garpu dengan manner yang sangat sopan, dan diluar prediksi kita deh kalo pramuka bisa ngajarin ginian :*
Tapi jangan dikira, kita cuma hepinya sebentar, cuma ini doank, agenda lain ga adalah yang gini lagi, balik kali ke sengsaraan kita yang dulu, jadi anggota pramuka yang disegani, ditakuti, jutek, sangar, mahal banget buat senyum..

Finally, ini baru 1/8 dari sekian cerita semasa aku berpramuka ria di SMP, aku cape
ngetiknya.. So, di sesi selanjutnya, ntar aku lanjutin lagi yaa pengalaman waktu perjusami di Bekasi dengan kisah senang dan kesengsaraannya, ditunggu aja :*
Oke? :D

Sekian dulu..
Salam Pramuka! :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: