Kepribadian DISC


Sekarang, aku kuliah di jurusan teknik..
Namun, ntah mengapa aku sangat tertarik untuk mendalami kepribadian orang..
Ada daya tarik sendiri untuk mencari taunya..hehe..
Akhirnya, aku mencari tahu beberapa jenis kepribadian yang ada dan dengan melakukan berbagai pengamatan di lingkungan sekitar..
Pencarian informasi dan pengamatan yang saya dalami mengenai kepribadian DISC..
Mungkin sudah ada yang tau dan bisa untuk sharing disini yaa??
Nah, kalo ada yang belum tau, ada sedikit informasi yang menggambarkan gimana sih kepribadian DISC..
DISC ntu merupakan singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, Conscientiousness

Pertama, DOMINANCE Style..
Orang-orang yang suka mengendalikan lingkungannya, promotor, motivator, to the point, pembuat keputusan adalah orang-orang yang masuk dalam kepribadian ini, bosan dengan sesuatu yang statis, tidak suka sesuatu yang detail..
Kelebihan kepribadian “D” ini adalah visioner, cenderung untuk bisa mengembangkan sesuatu, problem solver, pembuat keputusan yang baik, tegas..
Sedangkan kelemahannya adalah terkadang tipe ini merupakan orang yang pembangkang, berani menantang peraturan bila dia tidak setuju, kurang sabar dan empati terhadap bawahannya, bila berlebihan juga terkadang malah tampak seperti seseorang yang otoriter..
Kepribadian ini merupakan gabungan dominan antara kepribadian Extrovert dan Koleris..
Termasuk tipe konseptor..

Kedua, INFLUENCE Style..
Buat orang-orang yang suka bergaul, pertemanannya luas, pokoknya yang paling BT kalo lagi kesepian alias sendirian. Nah, orang-orang tersebut merupakan orang-orang yang berkepribadian ini..
Kelebihan kepribadian “I” ini adalah empati terhadap sesama, optimis, periang, bisa sebagai promotor dan biasanya mempunyai banyak inovasi..
Kelemahannya adalah sangat lemah dalam hal ketelitian, sangat menggunakan perasaan sehingga tampak kurang tegas, terkadang antusiasnya melebihi standar biasanya..
Kepribadian ini merupakan gabungan dominan antara kepribadian Extrovert dan Sanguins..
Termasuk tipe eksekutor..

Ketiga, STEADINESS Style..
Dari namanya aja udah keliatan, yaitu steady yang artinya tetap..
Nah, untuk kepribadian “S” ini punya karakter yang konsisten (tetap), suka sesuatu yang sistematis dan teratur, sesuatu yang aman dan harmonis..
Kelebihan kepribadian ini adalah sabar dan loyal terhadap lingkungan yang disukainya..
Kekurangannya adalah kaku, bila ada perubahan secara mendadak dan radikal, kepribadian ini cenderung menolaknya tetapi dengan pasif..
Kepribadian ini gabungan dominan antara dengan kepribadian yang Introvert dan Plegmatis..
Termasuk tipe eksekutor..

Daaan yang terakhir adalah CONSCIENTIOUSNESS Style..
Gambaran kepribadian ini adalah ketelitian dan kematangan perencanaan yang telah dibuat, ngga mau yang setengah-setengah, menjurus ke perfeksionis, terpaku pada peraturan, suka menganalisis..
Kelebihan kepribadian “C” ini adalah kritis dan cepat tenggap terhadap permasalahan yang ada, dan memiliki tingkat ketelitian yang tinggi..
Kekurangannya adalah karena kepribadian ini kritis maka terkadang sulit untuk menerima perubahan bisa dibilang sedikit skeptis..
Kepribadian ini adalah gabungan dominan antara Extrovert dan Melankolis..
Termasuk tipe konseptor..

Sekiian gambaran kepribadian DISC yang aku dalami dan berdasarkan pengamatan terhadap beberapa orang di sekitar, hehe..
Jaadii, termasuk tipe kepribadian manakan Anda??
Bagi yang ingin sharing, silahkan meninggalkan komentar dibawah yaa…

_Makaaasiii,,, semoga bermanfaat… :)_

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: