Pengen tau cara bikin SMS Gateway ??


Akibat tugas besar suatu mata kuliah yang
mengharuskan aku buat searching searcing tentang
SMS Gateway, daaaan berdasarkan yang aku dapet
itu susah bangeeeet diimpelemtassiinnya. Jaadii, disini
aku mau berbagi cara berSMS Gateway riiaa..😀

Ada 2 tools yang baru aku tau untuk mendukung
SMS Gateway, yaitu Gammu dan Now SMS.
Berhubung, dari kedua tools itu aku lebih sukses
belajar pake Gammu. Jadi, aku share yang Gammu
dulu yaaa..

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan..
1. Install Gammu
2. Install Xampp (untuk databasenya)
3. Siapkan modem
4. Buat 1 database penampung pada Xampp,
caranya udah pada tau kaan..
buat yang belum tau..
caranya kayak gini…

– Aktifkan Xampp control panel
– Klik Start pada Apache dan My SQL
– [Bila statusnya sudah terhubung]
– Buka browser Anda kayak Mozilla, IE, Opera
atau yang lainnya
– Ketik http://localhost/phpmyadmin.php pada
address bar
– Klik phpmyadmin pada sidebar sebelah kiri
– Buat database baru dengan cara menuliskan nama
database yang diinginkan pada kolom create new
database, sortingnya pilih utf8 lalu klik create.
Contoh : nama databasenya zakat..
Naaah, database penampungnyaa udah jadii niii..😀
Lanjut ke Gammu lagi…

5. [Kondisi Gammu sudah terinstal, sudah ada 1
database penampung di Xampp] Simpan folder
Gammu di dalam C:\Xampp\htdocs\zakat

6. Buka folder Gammu, edit gammurc, seperti di
bawah ini
[gammu]

device = com24:
connection = at115200
; Do not use model configuration unless you really
need it
;model = 6110
;synchronizetime = yes
;logfile = gammulog
;logformat = textall
;use_locking = yes
;gammuloc = locfile
;startinfo = yes
;gammucoding = utf8
;usephonedb = yes

*Keterangan : yang perlu diubah adalah Port
devicenya yang COM COM ituuu..sama
connectionnya.
COM port pada laptop atau kompi Anda yang aktif
bisa diketahui dengan cara, buka device manager
lalu buka port atau COM dan akan tampak COM
yang aktif..Tulis COMnya di gammurc tadi. Untuk
connectionnya, biasanya sih buat modem pake
at115200.

Kalo udah, jangan lupa di save yaa..

6. [Buat ngecek Gammunya udah terhubung atau belum]
Caranyaaa…
– Buka cmd
– Ketikan alamat direktori penyimpanan gammu tadi..
Bisa kan manggil file dari cmd.. Kalo belum gini caranya..
1. Ketikkan C:
2. Ketikkan cd xampp [ini, buat manggil filenya, terus dilakuin yaa tinggal ganti xamppnya jadi nama file selanjutnya yang pengen dibuka ampe filenya kebuka]
Kalo udah tampil gini

3. Ketik gammu –identify
Kalo keluar Error opening device, it doesn’t exist [kayak tampilan di bawah ini].

Berarti modemnya belum terhubung dengan benar, cek COMnya dengan cara yang di atas udah disebutin, jangan lupa edit dan gammurcnya.

Hasil yang benar akan seperti ini

4. Buat ngirim SMS caranya ketik gammu –sendsms TEXT 085724775074 -textutf8 “lagi nyoobaa neeeh”

5. Kalo buat ngeliat semua sms yang masuk, ketik gammu –getallsms

Naaahhh, selese dehh..
Asyiik, sekarang udah bisa ngejarkom pake SMS Gateway deeehhh.. \^.^/
Nah, buat settingan PHP nya, nanti akan ada postingan aku selanjutnyaaa (*udah cape ngetik, hehe)
Ditungguuu aja yaaaa… :*
Makasiii udah mampir..
Semoga bermanfaat..🙂

1 Komentar

    Trackbacks

    1. SMS Gateway? | Artificial Intelligence Laboratory

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: