Kunci sukses orang-orang Jepang


Sejak SMA, mulai lahir berbagai impian yang berawal dari kekaguman-kekaguman baru akan “kemajuan” negara Jepang..
Aku pun pengen tau duunk apa sih dibalik kesuksesan orang-orang Jepang, sungguh kekagumanku tak bisa diungkapkan dengan kata-kata terhadap satu negara itu..
cuma satu negara di dunia yang sangaaaaat menarik perhatianku.. “J.e.p.a.n.g”

Naaah selidik punya selidik, menurut sumber yang telah aku dapet sih..
ada 10 kunci sukses orang-orang Jepang..

1. Kerja Keras
So pastilah ya orang-orang Jepang rasa kerja kerasnya sangat tinggi, terlihat dengan cara jalan dan kehidupan keseharian di Jepang.

2. Malu

Malu adalah budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Betuk pelampiasan malu orang-orang Jepang tampak dari istilah “Harakiri” (bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut) menjadi ritual sejak era samurai, yaitu ketika mereka kalah dan pertempuran. Namun, sekarang sering diartikan sebagai mengundurkan diri.
Salah satu hal yang menarik perhatian aku saat baca suatu artikel yaitu orang Jepang lebih senang memilih jalan memutar daripada mengganggu pengemudi di belakangnya dengan memotong jalur di tengah jalan. Mereka malu terhadap lingkungannya apabila mereka melanggar peraturan ataupun norma yang sudah menjadi kesepakatan umum –> sangat berbeda dengan kenyataan di n*g**a kita, aku juga rada malu untuk kenyataan yang ada tentang hal yang satu ini.. huu ~ ~ ~


3. Hidup Hemat

Menurut kabar, orang Jepang memiliki semangat hidup hemat dalam keseharian. Sikap anti konsumerisme berlebihan ini nampak dalam berbagai bidang kehidupan.

4. Loyalitas

Nah ini..
Orang-orang Jepang sangat loyal dengan suatu pekerjaan yang dikerjakannya saat ini dan sangat mendalaminya serta terus mengupgrade kemampuannya, tanpa berpindah ke lain hati..
Jadi, berusahalah menjadi yang terbaik pada lahan yang telah kita miliki atau yang sedang kita amanahi dan berusahalah untuk memupuk amanah itu dengan setia.

5. Inovasi
Liat, ambil dan ciptakan yang baru..

6. Pantang Menyerah

Tahan banting, pantang menyerah. Bila menyerah sama dengan malu..

7. Budaya Baca
Dimanapun kapanpun, kabarnya orang-orang Jepang selalu membaca buku, selalu sengisi waktu dengan baca buku..

8. Kerjasama Kelompok
Di Jepang, musyawarah mufakat atau sering disebut dengan “rin-gi” adalah ritual dalam kelompok. Keputusan strategis harus dibicarakan dalam “rin-gi”.

9. Mandiri

Sejak kecil orang-orang Jepang sudah dididik sebagai seseorang yang mandiri

10. Jaga Tradisi & Menghormati Orang Tua

Berbagai budaya yang lekat dengan orang-orang Jepang antara lain budaya perempuan yang sudah menikah untuk tidak bekerja masih ada dan hidup sampai saat ini, budaya minta maaf masih menjadi reflek orang Jepang. Kalau suatu hari Anda naik sepeda di Jepang dan menabrak pejalan kaki, maka jangan kaget kalau yang kita tabrak malah yang minta maaf duluan.

Sampai saat ini orang Jepang relatif menghindari berkata “tidak” apabila mendapat tawaran dari orang lain. Jadi kita harus hati-hati dalam pergaulan dengan orang Jepang karena “hai” belum tentu “ya” bagi orang Jepang.

Sumber : http://www.apakabardunia.com/2011/03/10-rahasia-sukses-orang-jepang.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: