ERROR : Apache di Xampp


Beberapa trik menghadapi apache yang ga mau started :
Ubah Mindset Anda >> “Setting server itu mudah”
Luangkan lahan kesabaran Anda yang sangaaaaat banyakk..
Dan banyak berdoa..๐Ÿ˜€

Lanjuut, masuk ke teknisnya :
Lakukan Testing :
1. Checked SVC Apache
2. Klik Start Apache
3. Perhatikan notifnya..๐Ÿ˜€
4. Test http://localhost/xampp, bila tampilan seperti dibawahh ini maka ikuti langkah selanjutnya..

Sesuaikan dengan kondisi yaa..

1. Check box pada Apache, gunanya untuk instal apache servicenya
Bila check box apache tidak mau di checklist, berulang-ulang checklistnya hilang, maka langkah yang dilakukan adalah exit Xampp, dan buka control panel>>program.uninstal a program>>klik 2 kali Xampp Anda (alias uninstal Xamppnya). Lalu instal kembali Xamppnya..

2. Bila checkbox sudah terchecklist, klik start apache

– Bila hasilnya Apache started>> Ini tandanya Apache udah terinstal dan service lagi siap-siap berjalan, tapi kalo berhenti running (ga ada tulisan runningnya) coba klik star lagi kalo hasailnya Apache started maka langkah yang Anda lakukan adalah bersabar, menunggu, service berjalan dengan baik, JANGAN DIUTAK-ATIK LAGI (klik saja exitnya, lalu cek kembali beberapa jam kemudian Insya Allah sudah bisa running, dengan sendirinya.

– Bila hasilnya Apache started [port 80] >> ada dua kemungkinan, kemungkinan pertama seperti kondisi diatas atau kemungkinan kedua, Apache sudah siap star tetapi beluim terinstal, maka langkah yang dilakukan checklist Apachenya, kemudian klik star kembali, perhatikan notifnya..

– Bila hasilnya ERROR : Port 80/443 SSL already in use
maka buka SCM, cari segala service Oracle lalu stop servicenya, bila Anda menginstal Skype, unchecked penggunaan port 80/443 sebagai alternatif koneksinya dan cari servise IIS lalu disable (biar aman), kemudian coba ulang start apachenya bila alami hal yang sama, lakukan refresh.. Cek kembali bila masih mengalami hal yang sama buka httpd.conf pada folder Xampp>>apache>>conf, ubah Listen 80 menjadi port lain (terserah) dan ServerName localhost:80 menjadi port lain (terserah asal perubahan portnya sama) <— tetapi aku tidak terlalu menyarankan ini, karena akibatnya bisa panjang dan tambah ribet, ini hanya alternatif terakhir
kalo yang edit httpd.conf tidak berpengaruh, masih error, berarti, service apache Anda sebenarnya sudah terinstal, tinggal siap untuk start service, jadi langkah yang dilakukan adalah bersabar dan berdoa, diamkan kompi/lepi Anda untuk mengistirahatkan semua servicenya. Dalam beberapa jam atau hari kemuadian coba cek lagi..

– Bila hasilnya ERROR : Apache not started [-1]
Kalo Anda telah melakukan perubahan pada httpd.conf maka balikkan httpd.conf seperti sedia kala, port yang Anda masukkan bisa jadi bentrok lagi atau salah, jadi kembalikan saja ke default. Namun, adakalanya bila notif ini keluar, sebenarnya servi Apache sudah siap-siap start, diamkan saja laptop/Komputer Anda, biarkan mengistirahatkan semua servicenya dan coba cek lagi, Insya Allah sudah running dengan sendirinya (kondisi ini terjadi dengan tanda SVC Apache sudah terchecked, saat klick start, sudah sempat runnig sebentar, kemudian berhenti, setelah klik start lagi maka akan keluar notif seperti ini)..

– Alternatif lain, coba start Apache langsung dari service localnya , bila timbul notif sebagai berikut maka tetap lakukan langkah seperti diatas (Ingat : kuncinya adalah kesabaran :D)

– Bila anda sudah putus harapan dengan Xampp , coba uninstal Xampp dan instal Wamp5 atau Appserv, bila mengalami hal yang sama, aku sarankan kembali ke Xampp, karena sebenarnya masalah Xampp lebih bisa terdeteksi, dan bisaa dicoba-coba asalkan sabar dan jangan sampe emosi ya..

Semangaaaat dan selamat menjaga kesabaran Anda dalam mensetting Server๐Ÿ˜€
—Semoga Bermanfaat—

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: