Pengalaman bersama Xampp


Ala bisa karena biasa, atau pengalaman adalah guru yang terbaik..
mungkin ini dua kalimat yang cocok untuk kisahku ddengan Xampp..
Disini aku cuma mau berbagi kisah pengalaman yang cukup atau sangat membuatku kesal, hopeless, yaaah, udah sampe ga ada harapan untuk bisa melangkah ke tahap selajutnya gara-gara trouble dengan “setting server”..

Aku udah 2 kali project yang pake Xampp, dan lancar-lancar aja.. Eh, di yang ketiga kalinya banyak banget masalah yang dialami..

Ini dia masalahnya..

Masalah utamanya si cuma server apachenya ga bisa started, menurut notif yang diterima karena posrt 80/443 SSl sudah digunakan, udah berbagai cara dilakukan, tapi tetep aja, si apache ga mau started, udah coba tanya ke temen yang master, berbagai forum sampe komen di blog orang, hasilnya nihil, si apache tetep ga mau started.. udah instal-unistal berkali kali, service apache2.2 failed, sampe ga bisa instal apache..

Hwaaa kesel, sedih, hopeless udah campur aduklah rasanya cuma gara-gara si apache ini..
Alhasil ntah kenapa setah kurang lebih 5 hari utak atik apache dan hasilnya nihil, tiba-tiba di hari ke 6, si apache running dengan sendirinya tanpa aku utak atik sedikitpun, asumsi pertama yaah itu sangat-sangat keajaibanlah..
Eh taunya, ada suatu momen yang mengharuskan aku uninstal Xampp lagi biar pake versi yang lebih terupgrade (dari 1.6.7 ke 1.7.1), tentulah deg degannya minta ampun, takut ga bisa jalan lagi apachenya.. Tenyata beneeeeerr, pas udah diunistal, si apache ngadat lagi dan errornya kayak dulu, malah error : apache not started [-1].. Apaaa ituu?! :O
kalo diuninstal apachenya ga bisa.. haduuuh pokoknya hopeless lagi dah, dan udah ngebayangin bakal pake laptop temen aja, gara-gara ini..
Pas di hari ketiga alhamdulillah apachenya udah mau running.. Selama masa error ini, aku memperhatikan beberapa letak masalahnya, dan mungkin nanti aku bakali kasih info sedikit buat yang mengalami problem dengan Xampp (red : di postingan selanjutnya yaa)..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: